"Maarif Berkarya Mewujudkan Generasi Emas"

Senin, 24 Juni 2013

Jombang - Liukan dan gemulai tubuh kecil itu mengundang decak kagum para peserta, undangan dan penonton acara pembukaan Perwimanas (Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif NU Nasional) 2013 di bumi perkemahan Ponpes Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang (24/6). Iya, itu adalah gerak ritmik tubuh Rahma (12) yang masih duduk di sekolah dasar.



Tak kalah dengan rekan-rekan satu timnya, Rahma tampak menikmati tetabuhan yang mengiringi Tari Remo yang disuguhkan oleh Komunitas Penari Babussalam. Jilbab yang melekat di kepalanya tak mengurangi tata artistik kostum dan gerak tariannya. Senyum, liukan dan lemparan selendang khas Tari Remo milik Rahma memukau dan mengundang aplaus hadirin.

Rahma adalah anggota komunitas penari Babussalam yang paling kecil. Ia masih berusia 8 tahun saat mulai belajar menari dan bergabung dengan komunitas. Saat ini ia duduk di kelas 6 SD. "Senang sekali bisa tampil di depan ribuan penonton. Apalagi ada pak menteri dan pengurus NU," kata Rahma selepas keluar dari arena pementasan.

Rahma mengaku tari sudah menjadi bagian dari hidupnya. Ia menyebut keuletan dan tangan dingin ibu Mulyaningsih (48) yang telah mencetaknya menjadi pecinta sekaligus pelaku seni tari. Ialah yang membidani kelahiran sekaligus setia mendampingi para anggota komunitas mengekspresikan diri melalui seni tari.

"Iya, Rahma ini sudah lama bergabung dengan komuntas penari Babussalam. Dia juga tidak kalah dengan anggota lain yang nota bene umurnya cukup beragam. Rahma terhitung anggota termuda dari seluruh anggota komunitas yang sebagian besar sudah duduk di bangku SMA bahkan ada yang sudah kuliah," jelas Mulyaningsih.

Menurut Mulyaningsih, komunitas penari Babussalam sangat bangga dan berterima kasih kepada Panitia Perwimanas karwna telah diberi kesempatan menampilkan Tari Remo pada helatan Perwimanas yang disaksikan ribuan orang. "Kita bangga sekaligus semakin yakin bahwa NU sangat menghormati seni dan budaya lokal. Sama sekali melihat tari adalah sebuah karya seni dan media berekspresi," ungkap Mulyaningsih.(sol)

Pin It

1 komentar:

  1. Sukses untuk LP Ma'arif NU yang telah berhasil menyelenggarakan Perkemahan Wirakarya Ma'arif Nasional.

    BalasHapus