"Maarif Berkarya Mewujudkan Generasi Emas"

Sabtu, 29 Juni 2013

Jombang - Suksesnya pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma'arif NU Nasional (Perwimanas) I tahun 2013 yang menempati Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ternyata menggambarkan betapa teguh dan kuatnya komitmen orang-orang yang terlibat dalam kepanitiaan Perwimanas.

Kakak-kakak petugas di kesekretariatan lagi sibuk pada tugas masing-masing
Kakak-kakak petugas di kesekretariatan lagi sibuk pada tugas masing-masing

Demi suksesnya Perkemahan Pramuka tingkat penegak dalam skala nasional yang diselenggarakan untuk pertama kalinya di Lingkungan Nahdlatul Ulama ini, panitia Perwimanas dari berbagai seksi terlihat begitu nyata mengerahkan seluruh tenaga dan fikirannya. Seolah tak kenal waktu, mereka bekerja setiap pagi hingga malam.

Semua bagian dalam kepanitiaan tak pernah berhenti dari kesibukan. Seluruh seksi all out mendukung kerja panitia sesuai dengan bagian masing-masing. Diantara mereka bahkan rela meninggalkan keluarga atau mengabaikan waktu untuk menikmati masa liburan sekolah demi mendukung suksesnya Perwimanas yang dilaksanakan pada 24 - 29 Juni 2013.

Salah satu bagian kepanitiaan yang boleh dibilang seksi super sibuk adalah Panitia Pelaksana pada seksi Kesekretariatan. Bagaimana tidak, 2 minggu sebelum hari H Perwimanas, jajaran panitia Kesekretariatan sudah menginap duluan di lokasi perkemahan.

Pekerjaan yang ditangani oleh Panitia Kesekretarian pun seabrek. "Yang ditangani mulai dari surat menyurat, penyiapan lokasi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya untuk peserta dan panitia," ujar Syaifudin, salah satu panitia kesekretariatan, Sabtu (29/6/2013).

Dia mengungkapkan, sebagai panitia pelaksana yang menangani bidang kesekretariatan, jam kerja panitia sudah tidak bisa diukur mengingat padatnya aktifitas dan pekerjaan panitia yang harus ditangani. Kesibukan paling padat terjadi pada H-2 Pembukaan Perwimanas. "Di seksi bagian ini tidak ada yang nganggur, semua padat kerjaan masing-masing," tutur Syaifuddin.

Berapa lama waktu yang tersedia untuk beristirahat? Atik, personel kepanitiaan kesekretariatan lainnya mengungkapkan, Sejak 2 hari sebelum Perwimanas, rata-rata waktu istirahat untuk panitia hanya tersedia 2 jam. "Padat sekali kerjaannya, soal tidur rata-rata dua jam. Tapi syukur semua masih diberi kesehatan," ujar Atik.

Kepadatan pekerjaan panitia pelaksana di bagian kesekretariatan, ujar Atik, terjadi saat pelaksanaan registrasi peserta perkemahan. "Yang paling repot ya saat registrasi peserta," tutur Atik.

Rasa lelah dan stres diakui kerap melanda personel panitia pelaksana bidang kesekretariatan. Namun, suasana keakraban dan sikap orang-orang dalam panitia yang suka bercanda membuat suasana cair. "Sukanya ya orang-orang disini (pos kesekretariatan) seneng guyonan, jadi ya gak gampang stres dan kelelahan," tutur Iwan saat ditemui di pos kesekretariatan panitia pelaksana.

Datang paling awal ke lokasi perkemahan, seksi Kesekretariatan bakal menjadi bagian yang paling akhir untuk meninggalkan Bumi Perkemahan PP Babussalam. Itulah yang menjadikan seksi bagian ini menjadi seksi super sibuk di acara Perwimanas I. "Untungnya yang bagian kesekretariatan ini rata-rata masih single (lajang), jadi sudah siap jika harus datang awal dan pulang akhir," pungkas Iwan. (@Moh_syafii)

Pin It

0 komentar:

Posting Komentar