"Maarif Berkarya Mewujudkan Generasi Emas"

Rabu, 26 Juni 2013

Jombang - Cara kreatif dan unik dilakukan peserta Perkemahan Wirakarya Pramuka Maarif NU Nasional (Perwimanas) dari sejumlah kontingen. Praktis, suasana perkemahan bagi anggota pramuka penegak dilingkungan Pendidikan Maarif di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Kabupaten Jombang tersebut tak pernah sepi dari kegiatan.

Salah satu Kontingen Perwimanas yang kreatif memanfaatkan saat senggang untuk aktifitas menyehatkan adalah dari Kabupaten Magetan Jawa Timur. Sebagaimana terlihat pada Rabu (26/6/2013) petang, mereka secara spontan memanfaatkan lahan sempit yang ada didepan tenda mereka dengan membentangkan tali rafia antar dua pohon untuk dijadikan net permainan bola Volly.

Peserta dari Kabupaten Magetan Jawa Timur bermain volly saat menunggu antrian kamar mandi
Peserta dari Kabupaten Magetan Jawa Timur bermain volly saat menunggu antrian kamar mandi

Begitu lapangan sudah siap, belasan anggota pramuka penegak dari beberapa Gugus Depan (Gudep) di Kabupaten Magetan ini berdiri berhadap-hadapan antar kelompok dan mulai melakukan permainan bola volly layaknya pebola volly profesional. "Buatnya sih spontan saja, permainan ini sambil nunggu antrian ke kamar mandi," ujar Hindar, salah satu peserta Perwimanas dari Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Sementara, para peserta Perwimanas dari Kabupaten Magetan nampak gembira menikmati permainan bola volly di lapangan dadakan yang mereka bikin. Bukan lapangan yang ideal, sebab di kanan kiri lapangan terdapat pepohon jati. Namun, keceriaan itu tetap dapat dilihat dari cara mereka bermain. "Awas, ayo smash," seru Hindar menyemangati teman-temannya yang sedang bermain bola Volly.

Cara unik juga dilakukan kontingen dari tuan rumah, yakni dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur untuk mengisi waktu luang. Pada Selasa (25/6/2013) malam, sembari menunggu dimulainya acara pentas seni, mereka membuat permainan lingkaran kecil sembari menyanyikan lagu-lagu mars yang membangkitkan semangat kebersamaan. "Ini namanya permainan lingkaran. Ini sedang menunggu dimulainya acara, daripada nganggur kita buat permainan, supaya tetap semangat ikut kegiatan," kata Hidayatullah, peserta Perwimanas dari Jombang.

Dibagian lain, para peserta Perwimanas dari berbagai daerah juga memiliki cara-cara unik dan kreatif yang selalu mereka lakukan sampai dengan pada hari ketiga Pelaksanaan Perwimanas. Misalnya saja yang dilakukan oleh peserta dari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Saat berangkat ke Masjid untuk menjalankan sholat berjamaah, mereka selalu berangkat secara berkelompok. Rombongan peserta yang akan menunaikan sholat jama'ah ini secara kompak dan serempak menyanyikan lagu-lagu penyemangat dan yel-yel yang membangkitkan semangat kebersamaan antar teman. (@moh_syafii)

Pin It

0 komentar:

Posting Komentar