"Maarif Berkarya Mewujudkan Generasi Emas"

Rabu, 26 Juni 2013

Menyenangkan dan Membanggakan, Rasa Lelah Perjalanan Pun Terbayar

Peserta Perwimanas dari Kontingen Propinsi Lampung menjadi petugas pada Apel sore di arena perkemahan
Peserta Perwimanas dari Kontingen Propinsi Lampung menjadi petugas pada Apel sore di arena perkemahan

Jombang - Jum'at (21/6/2013) sore, 32 orang dari Propinsi Lampung memulai perjalanan menuju Jombang Jawa Timur. Dengan menaiki sebuah bus pariwisata, kontingen peserta Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma'arif NU Nasional (Perwimanas) ini melakukan perjalanan darat menuju Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Capek, stres dan perasaan tidak karuan lainnya menggelayuti pikiran masing-masing orang dalam rombongan. Sempat terbesit dalam pikiran salah satu peserta, bagaimana nanti jika sampai di lokasi perkemahan? Capek luar biasa akan dirasakan karena begitu lama dan jauhnya perjalanan dari kampung halaman menuju lokasi Perwimanas. Apalagi perjalanan tersebut ditempuh dengan perjalanan darat.

Namun, kegalauan peserta Perwimanas 2013 yang datang jauh-jauh dari Pulau Sumatera ini mulai hilang tatkala mereka memasuki arena perkemahan. "Luar biasa sambutannya, suasananya menyenangkan," celetuk Vivi, peserta Perwimanas putri dari Propinsi Lampung.

Ungkapan senada dilontarkan Nizaruddin Dhofir, peserta putra dari Kontingen Lampung. Pelajar Madrasah Aliyah NU 5 Kabupaten Sekampung, Propinsi Lampung mengaku senang saat berada dilokasi perkemahan. Suasana bersahabat dari sesama peserta, keramahan panitia dan masyarakat sekitar perkemahan membuat kelelahannya akibat perjalanan darat selama kurang lebih 40 jam terbayar.

Nizaruddin mengaku bangga bisa terlibat dalam Perwimanas. Kebanggaan itupun semakin lengkap sebab dia bisa menapak di kampung halaman kakek neneknya. Maklum saja, meski dia terlahir di pulau Sumatera, dia merupakan keturunan asli Jawa. "Saya bersyukur bisa ikut kegiatan ini. Bisa ketemu banyak teman dan berbagi pengalaman. Saya juga bisa datang ke Jawa asal keluarga saya," ujar dia saat ditemui di tenda tempatnya menginap.

Kesan menyenangkan dan membanggakan betul-betul dirasakan peserta dari Kontingen Propinsi Lampung. Bagaimana tidak, selama Perwimanas mereka begitu menikmati dan enjoy dengan berbagai aktifitas yang diselenggarakan oleh Panitia Perwimanas.

Kebanggan mendalam juga dirasakan Nurhayati, Vivi dan Nuril yang tergabung dalam Kontingen Propinsi Lampung. Maklum saja, Rabu (26/6/2013) petang diberi kepercayaan sebagai petugas penurunan bendera merah putih.

"Kami bangga ikut Perwimanas. Kami juga bangga karena dipercaya menjadi petugas untuk menurunkan bendera merah putih," kata Nurhayati usai apel penurunan bendera merah putih di Lapangan utama arena Perkemahan Perwimanas.

Apa yang membuat bangga? "Bendera merah putih itu bendera bangsa saya, saya dan teman teman bangga karena kami dipercaya untuk menghormati bendera negara," tandas Nurhayati.

Kebanggaan lain yang dirasakan Nurhayati adalah karena dirinya bisa bertemu dengan banyak teman dan berbagi pengetahuan, serta pengalaman dengan rekan dari daerah lain sesama peserta perkemahan.

Hal yang sama dirasakan Nuril, rekan satu kontingen dengan Nurhayati. Kesan menyenangkan dan membanggakan yang dirasakan Nuril pun makin lengkap, sebab cita-citanya untuk menginjak pulau Jawa terwujud lewat kegiatan Perwimanas. "Dari dulu ingin ke Jawa, ternyata Perwimanas keinginan saya terwujud, seneng deh pokoknya," ujar Nuril yang diamini oleh Nurhayati dan Vivi.

Pendamping Kontingen Propinsi Lampung Sarifudin mengungkapkan, sejak memasuki arena perkemahan, adik didiknya beserta rombongan pendukung kontingen terlihat sudah mengabaikan kelelahan akibat lamanya perjalanan darat dari pulau Sumatera ke Jombang di Pulau Jawa. "Begitu sampai disini, sambutan hangat panitia betul-betul membuat kami terkesan. Atraksi saat pembukaan juga membuat kami terkesan," ujar Sarifudin.

Bukan hanya panitia, Sarifudin menilai sambutan masyarakat di sekitar lokasi perkemahan juga sangat membantu peserta dari kontingen Lampung untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. "Masyarakat disini juga ramah dan hangat saat berinteraksi dengan kami dan peserta perkemahan lama, bagi kami ini luar biasa," pungkas pria yang mahir berbahasa Jawa ini. (@moh_syafii)

Pin It

3 komentar:

  1. Dhofir, Nuril, Nurhayati, VIvi, semua adalah wakil dari MA Ma'arif NU 5 Sekampung Lampung Timur. Kami sebagai Alumnipun turut bangga atas partisipasi kalian.... Pendampingnya, gak perlu diragukan lagi(Mahir Bahasa Jawa/Ngapak wa akhowatuha)...

    Semoga tahun depan bisa mengirim lebih banyak lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab. Amin, insya Allah Perwimanas Yang Ke- II siap ngirim 2 Sangga

      Hapus
    2. Amin., dan Insya Allah PERWIMANAS yang Ke- II kami siap ngirim 2 Sangga

      Hapus