"Maarif Berkarya Mewujudkan Generasi Emas"

Selasa, 25 Juni 2013

Jombang - Peserta Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma'arif NU Nasional (Perwimanas) tidak bisa berlama - lama membuang waktu di arena perkemahan. Setumpuk agenda edukatif dan kreatif sudah menanti untuk diikuti para pelajar pramuka Ma'arif se Indonesia ini.

Setumpuk agenda sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara bagi peserta Perwimanas yang berkemah di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Jombang, selama 24 - 29 Juni 2013. Agenda kegiatan itu meliputi Seminar dan Kajian Agama, ziarah ke makam wali, bakti masyarakat dan Pentas seni.

Agenda lain yang menanti keikutsertaan peserta adalah Outbond dan rafting serta Pentas seni dan pameran produk usaha dan kerajinan. "Itu agenda agenda yang sudah siap. Untuk ziarah wali, ada dua kelompok, pertama ke wali lima dan kelompok ke wali muassis NU yang ada di Jombang," jelas Ani SUbagyo, Sekretaris Panitia Pelaksana Perwimanas, Selasa (25/6/2013).

Untuk ziarah wali, ungkap Ani, rombongan terpecah menjadi 2 kelompok dimana kelompok ziarah wali 5 di Jawa Timur berasal dari delegasi luar propinsi Jawa Timur. Sedangkan satu kelompok lainnya, yakni dari Jombang dan daerah dari propinsi Jawa Timur. "Ziarah ke makam wali lima itu khusus peserta dari luar Jawa Timur. Kalau ke makam wali muassis pendiri NU semua peserta ikut," katanya.

Dengan demikian, lanjut Ani Subagyo, tidak ada agenda uang kosong bagi para peserta Perwimanas. Sebab, ujar dia, beberapa agenda seperti pembelajaran dan konsultasi IT juga bisa dilakukan peserta di lokasi perkemahan. "Seluruh peserta pasti akan terlibat pada kegiatan-kegiatan itu, setiap sangga (regu dalam satuan pramuka penegak) dibagi dan bergiliran mengikuti kegiatan yang ada," pungkas Ani.

Peserta Perwimanas bersiap mengikuti kegiatan outbond
Peserta Perwimanas bersiap mengikuti kegiatan outbond

Sementara itu, salah satu aktifitas yang akan dilaksanakan peserta Perwimanas adalah Outbond. Kegiatan tersebut diikuti oleh 120 peserta anggota perkemahan dan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. "Peserta ada 2 bis yang berangkat hari ini. jumlahnya sekitar 120 peserta. Besok juga akan memberangkatkan peserta outbond, tapi sebelum berangkat, kami akan cek dulu bagaimana kesiapan fisik dan mentalnya," kata Khoiruddin, Panitia Bidang Kegiatan di area Perwimanas. (@Moh_syafii)

Pin It

1 komentar:

  1. program kegiatan yang sangat bagus dilaksanakan apalagi untuk generasi muda sekarang waktu untuk belajar dengan alam.....

    BalasHapus