"Maarif Berkarya Mewujudkan Generasi Emas"

Kamis, 27 Juni 2013

Jombang – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta para anggota pramuka menjauhi dan memerangi peredaran narkoba. Melalui kegiatan kepramukaan, Gus Ipul berharap peredaran narkoba bisa ditekan hingga tidak menyebar di kalangan generasi muda.

Pesan tersebut disampaikan oleh pria yang kini menjabat sebagai wakil Gubernur Jawa Timur ini saat mengunjungi acara Perkemahan Wirakarya Ma’arif Nahdlatul Ulama Nasional (Perwimanas) di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (27/6/2013) malam.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim, Syaifullah Yusuf berbicara dihadapan peserta Perwimanas
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim, Syaifullah Yusuf berbicara dihadapan peserta Perwimanas

Dihadapan peserta Perwimanas, Gus Ipul menyatakan kegiatan kepramukaan merupakan positif untuk pembinaan generasi muda. “Kegiatan Kepramukaan itu ada diantara rumah dan Sekolah. Narkoba hadir diantara Rumah dan Sekolah. Maka yang bisa menekan agar adik-adik pramuka tidak terjerat Narkoba adalah ikutilah kegiatan pramuka dengan serius,” ujar Gus Ipul.

Mantan Menteri Percepatan Pembangunan daerah tertinggal Era Presiden SBY ini juga meminta para kader pramuka khsususnya anggota pramuka dilingkungan pendidikan Ma’arif NU ikut memerangi peredaran Narkoba dikalangan kaum muda. “Jadilah anggota pramuka dan kader NU yang tangguh. Jauhi narkoba, lawan peredaran narkoba,” tandas dia.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Nasional Narkotika (BNN), jumlah pengguna Narkoba di Indonesia hingga April 2013 mencapai 4 juta orang. Dari total pengguna Narkoba di Indonesia sebagian besar adalah anak-anak usia remaja. Anak-anak usia SMA mencapai angka 48%, sementara usia Perguruan Tinggi (PT) berkisar di angka 28%. Jutaan orang tersebut mengkonsumi narkoba dengan cara dan jenis yang beragam. 

Sementara itu, sehari sebelumnya, Rabu (26/6), Dr. Bambang Eko Sunariyanto, Direktur RSJ Lawang Kabupaten Malang di depan para peserta Perwimanas berpesan agar para kader Pramuka Ma'arif NU mampu menjaga diri juga keluarga dan orang-terdekatnya untuk terhindar dari Narkoba. 

"Saat ini pengguna Narkoba di Indonesia tidak kurang dari 4 juta. Populasi pengguna narkoba yang cukup besar ini sedang mengepung anak-anak dan remaja Indonesia. Perhatikan dan terus awasi, jangan sampai salah satu dari 4 juta orang itu adalah teman atau saudara Adik-adik," pesan Bambang.

Sekedar diketahui, Perwimanas adalah perkemahan nasional bagi anggota pramuka tingkat penegak dilingkungan pendidikan Ma’arif NU. Pada penyelanggaran secara nasional untuk pertama kalinya ini, Perwimanas diikuti oleh 2.220 anggota pramuka ma’arif yang berasal dari 16 Propinsi dan 32 Kabupaten/Kota di Indonesia. (@moh_syafii)

Pin It

0 komentar:

Posting Komentar