"Maarif Berkarya Mewujudkan Generasi Emas"

Kamis, 27 Juni 2013

Mojoagung, Jombang - Hal paling membanggakan dari sekian banyak kegiatan selama Perwimanas adalah mengikuti cerdas cermat Aswaja. Disamping pandai kepramukaan, mereka juga mahir teknologi dan menguasai Aswaja dengan benar.

Puncak seleksi lomba olimpiade Aswaja bagi kategori putra akan dilaksanakan nanti malam. Ada empat peserta yang akan memperebutkan juara pertama, dua, tiga serta harapan.

Peserta Perwimanas (putra) ketika babak kualifikasi Olimpiade Aswaja
Peserta Perwimanas (putra) ketika babak kualifikasi Olimpiade Aswaja

Keempat peserta yang lolos babak kualifikasi serta babak semi final adalah Usman Ali dari Nusa Tenggara Barat, Imam Syafi'ie utusan dari Sumenep, kemudian Agil Muhammad dari Gresik serta Asmoro yang mewakili Kabupaten Pasuruan.

Seperti diberitakan sebelumnya, utusan peserta perkemahan diadu dalam kegiatan lomba cerdas cermat Aswaja. Mereka harus mengerjakan sejumlah soal yang telah disediakan panitia secara online.

Mereka dikumpulkan di mushalla dan diberikan materi soal yang harus dijawab secara serempak. Peserta diwajibkan menjawab setidaknya lima puluh soal Aswaja yang diselesaikan selama dua puluh menit.

Dari seratus peserta yang mengikuti seleksi di babak awal, dipilih hanya 15 peserta putra dan putri untuk maju pada babak berikutnya. Untuk peserta yang masuk seleksi tahap dua juga diberikan soal dengan mekanisme seperti babak awal.

Dari 15 peserta dipilih 4 peserta baik putra maupun putri. “Mereka inilah yang akan memasuki babak final dengan memperebutkan juara satu, dua, tiga,” kata Abdul Latif, petugas di bagian Informasi dan Teknologi.

Saat babak final, mereka melewati sejumlah babak. Yang pertama adalah berupa tanya jawab, dilanjutkan tanya jawab lemparan, khitabah serta adu cepat.

Untuk khitabah, mereka harus menjelaskan soal yang telah dipilih. “Penilaian kemampuan berpidato sangat menentukan,” kata Hizbullah Huda yang juga sebagai koordinator kegiatan ini.

Dengan didampingi dua teman sehinga berjumlah tiga orang, mereka akan berebut kemampuan, ketangkasan dan kelihaian pada babak puncak ini.

Untuk kategori puteri telah terpilih Siti Robiah, utusan dari PC LP Ma'arif NU Kencong Jember Jawa Timur yang berhasil secara meyakinkan sejumlah dewan juri, panitia serta suporter sehingga berhasil menjadi juara pertama. Kontingen ini mengumpulkan nilai 885.

Untuk juara kedua diraih utusan dari PC LP Ma'arif Sidoarjo dengan total nilai 722. Sedangkan kontingen dari Lumajang sebagai juara ketiga yang diikuti utusan dari Mojokerto sebagai juara empat.

Mau tahu serunya lomba ini? Saksikan nanti malam di panggung workshop dan orasi ilmiah PP Babussalam, yakni depan masjid. (s@if)

Pin It

0 komentar:

Posting Komentar